leonews.co.id
Berita Pilihan Gaya Hidup Kabar 34 Provinsi

Kanwil BPN Provinsi Banten Tetap Kobarkan Semangat Juang Kartini di tengah Badai Covid-19

SERANG (leonews.co.id) – “Habis Gelap Terbitlah Terang” salah satu karya R.A Kartini yang mampu mengobarkan semangat juang kaum perempuan Indonesia dari masa ke masa. Tepatnya pada tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, yang pada hakekatnya ditujukan kepada seluruh kaum perempuan di Indonesia.

R.A Kartini adalah salah seorang tokoh perempuan Indonesia yang sangat menginspirasi bagi para kaum perempuan Indonesia. R.A. Kartini dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan hak perempuan, antara lain untuk maju dan memperoleh kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki. Semangat juang dari R.A Kartini diharapkan mengalir dalam diri setiap kaum perempuan Indonesia dan tidak terkecuali bagi kaum laki-laki. Dimana semangat juang ini sangatlah dibutuhkan di saat kondisi badai Covid-19 yang menerpa bangsa dan negara ini.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng menyampaikan agar konsentrasi kita menghadapi musuh bersama bernama Covid-19 ini hendaknya tidak membuat bangsa ini lupa akan makna perayaan penting pada bulan April, yaitu Hari Kartini. Andi Tenri Abeng berharap agar para kaum perempuan Indonesia tetap berbudi pekerti luhur, berjiwa mengasihi, mengayomi, berperilaku keseharian yang menjadi panutan, selalu berfikir positif dan menjadi cahaya bagi kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar.

“Para Srikandi Indonesia khususnya para Srikandi ATR/BPN Banten yang tersayang, mari tunjukkan jati diri sebagai wanita Indonesia yang berbudi pekerti luhur, berjiwa mengasihi, berpikir jernih dan mengayomi, berperilaku seharian yang menjadi panutan, maju menjadi pionir dalam tugas, menjadi cahaya bagi kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar, kreatif, inovatif dan selalu berfikir positif,” ungkap Andi Tenri Abeng.

Negara kita tercinta Indonesia sedang menghadapi cobaan berat, namun bukan saatnya untuk mengeluh. “Jangan mengeluhkan hal–hal buruk yang datang dalam hidupmu, Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang,” kutipan yang menginspirasi dari R.A Kartini yang menggambarkan keadaan saat ini dimana kita dituntut untuk tidak mengeluh namun harus tetap semangat dan selalu berfikir positif.

Makna dari “Habis Gelap Terbitlah Terang” adalah ketika kita merasakan masa masa sulit, maka di kemudian hari pasti kita akan merasakan kebahagiaan, dimana makna ini sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Walau badai pasti berlalu, tidak ada manusia yang tahu berapa lama badai akan berlangsung. Oleh karena itu diharapkan untuk tetap waspada dan mematuhi kebijakan dari pemerintah.

Momentum peringatan Hari Kartini tidak hanya dapat membangkitkan semangat kaum perempuan Indonesia dalam mendukung pembangunan, tetapi juga menyadarkan berbagai lapisan masyarakat akan hak kebebasan dan demokrasi perempuan Indonesia, demi masa depan bangsa yang lebih baik. Perempuan memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa dalam membentuk karakter bangsa. Perempuan-perempuan Indonesia masa kini, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, namun juga ikut serta memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan nasional, termasuk bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik.

Andi Tenri Abeng mengungkapkan bahwa hal terpenting adalah semangat juang R.A Kartini harus terus tertanam dalam diri kita dan terus menerapkannya di kehidupan sehari-hari. “Tetaplah berkarya membangun bangsa dengan penuh semangat ‘Habis gelap terbitlah terang’ habis terang perjuangan belumlah selesai dan marilah melanjutkan mimpi. Sampai putaran bumi berhenti, Kartini tidak mati. Semangatnya abadi dalam darah perempuan bumi pertiwi,” tutup Andi Tenri Abeng.
Selamat Hari Kartini Tahun 2020. (NR/ITR)

SUMBER :ATR/ BPN BANTEN

Related posts