leonews.co.id
Berita Pilihan Headline Kabar 34 Provinsi UMKM

Gambaran Belanja Negara Tahun 2021

Foto istimewa

JAKARTA (leonews.co.id) – Gambaran belanja Negara untuk kesehatan dan pendidikan tahun depan. RAPBN tahun 2021 direncanakan mencapai Rp. 2.747,5 Triliun.

Presiden Jokowi menjelaskan, belanja negara dalam RAPBN tahun 2021 direncanakan mencapai Rp. 2.747,5 Triliun. “Dari angka itu, 6,2% atau Rp. 169,7 triliun diperuntukkan untuk kesehatan dan 20% atau Rp. 549,5 Triliun untuk Pendidikan.” Katanya dalam situs Facebook Presiden Joko Widodo.

Anggaran Kesehatan terutama untuk peningkatan dan pemerataan dari sisi supply serta dukungan untuk pengadaan vaksin, meningkatkan nutrisi ibu hamil, ibu menyusui, balita, Penanganan penyakit menular serta akselerasi penurunan stunting. Selain itu, juga untuk perbaikan efektivitas dan keberlanjutan program jaminan kesehatan nasional, hingga penguatan pencegahan, deteksi dan respons penyakit, serta sistem ketahanan terintegrasi.

Adapun anggaran pendidikan difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi teknologi, hingga peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0. Selain itu, juga akan digunakan antara lain untuk penguatan program vokasi dan kartu prakerja, penguatan penyelenggaraan PAUD, percepatan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan terutama untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, penajaman KIP kuliah dan lain-lain. (Rendy/Vena/Addin)

Related posts