leonews.co.id
Advertorial

Kadis Koprasi dan UMKM Kota Tangsel Hadiri Bisnis Mentoring

Share this article

TANGSEL (leonews.co.id) – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Warman Syanudin menghadiri acara Bisnis Mentoring Series 2022.

Penyelenggaraan acara ini di indikasikan oleh Koperasi Tangguh Berkibar Tangsel, Kamis (21/7/2022).

Tema acara “Optimasi Penjualan di Market Place” bekerja sama dengan Market Place Shopee yang diselenggarakan di Pasar Gintung Ciputat, Tangerang Selatan.

“Ini acara dari Koperasi Tangguh Berkibar Tangsel mengadakan peningkatan dan pengembangan anggotanya untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan usahanya,” katanya.

Mentoring tersebut diikuti oleh anggota Koperasi Tangguh Berkibar dengan undangan sebanyak 28 peserta UKM, namun Warman mengatakan bahwa peserta bertambah menjadi sekitar 35 peserta UKM.

“Peserta hari ini dua puluh delapan UKM tetapi ternyata ada yang nambah lagi jadi sekitar tiga puluh lima, walaupun yang kita undang hari ini dua puluh delapan tapi ternyata banyak yang nambah, ya mudah-mudahan nanti yang lainnya akan dapat seperti ini,” ujarnya.

Warman menjelaskan bahwa tujuan dari mentoring ini yaitu bagaimana para UKM dapat meningkatkan dan berinovasi dengan cara digitalisasi sesuai perkembangan zaman.

“Jadi hari ini kita untuk bagaimana meningkatkan bisnisnya dan lebih diajak bagaimana bisnisnya lebih pada digitalisasinya, digitalisasi dari bagaimana produknya, pemasarannya, manajemennya, kita coba ajak dari digitalisasinya,” jelasnya.

Warman menambahkan bahwa kegiatan mentoring ini dapat berlanjut dan dapat menghasilkan inovasi yang dapat diserap oleh para UKM.

“Kita ingin berkelanjutan, jadi kalau ini kan nanti hasilnya bervariasi, bisa mungkin yang teknologinya ada dapat mudah diserap karena manajemennya ada karyawannya ada atau juga mungkin dengan cara langsung dibidang dibimbing, dibina, didatangi oleh tim dari koperasi ini kepada tempat-tempat produksinya atau rumah-rumahnya untuk terus kita kembangi.” tandasnya.

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terlihat antusias mengikuti bisnis mentoring series 2022 yang diselenggarakan di Pasar Gintung.

Evi Haryati (47), salah satu pelaku UMKM di bidang fashion yang antusias mengikuti dan mendengarkan kegiatan itu sangat senang.

Adapun yang Evi jual seperti aksesoris wanita handmade hingga pakaian merk lokal. “Seneng ya karena kita difasilitasin untuk lebih mengembangkan lagi UMKM kita,” katanya kepada Wartawan.

Evi juga menjelaskan bahwa kegiatan mentoring ini mengajak para pelaku UMKM supaya ikut berpatisipasi dan bisa memasarkan dagangannya melalui media sosial, yaitu shopee.

“Hari ini memang materinya untuk ke shopee ya, tadi diajarin tuh bagaimana cara kita untuk berjualan di shopee atau medsos lainnya,” ucapnya.

Melalui mentoring ini, dirinya berharap pengembangan bisnis khususnya UMKM bisa mengoptimalkan strategi penjualan yang saat ini telah merambah ke dunia digital, agar dapat memasarkan produk hingga ke masyarakat secara luas.

“Pengen banget lebih maju lagi ya, bisa mencapai pasar yang diinginkan lah. Bisa lebih luas lagi pemasarannya, bisa sampai keluar.” Tandasnya. (Advertorial/add 01)


Share this article

Related posts