leonews.co.id
Advertorial

Siap PTM, Dindikbud Provinsi Banten Pastikan Pelajar Telah Divaksin

Share this article

SERANG (leonews.co.id) – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten memastikan para siswa khususnya sekolah yang menjadi kewenangan provinsi sudah melakukan vaksinasi di tiap kabupaten/kota. Hal ini sesuai instruksi Pemerintah Pusat yang akan segera memulai pendidikan tatap muka (PTM).

Adapun Intruksi Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Banten nomor 27 tahun 2021 memuat aturan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas sudah diperbolehkan di daerah dengan kriteria PPKM Level 3.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani mengatakan, pembelajaran tatap muka SMA dan SMK belum dilaksanakan karena masih menunggu evaluasi dari Satgas Covid-19. Sebelumnya, Dindikbud Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar melakukan vaksinasi pelajar.

“SMA dan SMK di Banten ada beberapa sekolah di PPKM level tiga sudah mulai simulasi di beberapa sekolah sejak 16 Agustus, level empat belum. Tapi kita masih menunggu evaluasi dari Satgas Covid-19,” kata Tabrani, baru-baru.

Ia berharap, pembelajaran tatap muka secara terbatas segera dilaksanakan dengan mekanisme pelaksanaannya diserahkan kepada sekolah. “Setelah tanggal 23 Agustus ini, nanti kan dievaluasi. Sekaligus Saya berlapor kepada Pak Gubernur, apakah PTM sudah bisa dilakukan secara terbatas atau belum. Kalau boleh nanti saya buatkan edarannya,” ujar Tabrani.

Meskipun nanti hasil evaluasi diperbolehkan belajar tatap muka di situasi tidak normal, namun ada beberapa hal yang harus terjadi penyesuaian, diantara jumlah siswa, durasi belajar, metodeligi belajar berbeda. Tabrani memastikan, SMA dan SMK di Provinsi Banten sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka di saat pandemi Covid-19.

“Sekolah sudah sejak lama siapnya, meraka sudah punya sarana prokesnya. Cuci tangan air mengalir, ruang isolasi darurat, termogun, guru divaksin,” kata Tabrani.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, sekolah tatap muka akan mulai dibuka sesuai instruksi Pemerintah Pusat, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Sekolah kewenangan Provinsi di wilayah Kota Tangerang juga telah melaksanakan vaksinasi,” ungkap Gubernur, kemarin.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, Provinsi Banten mempunyai tugas sebagai regulator, fasilitator, dan distributor vaksin ke Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan ada pada Kabupaten/Kota. Sehingga vaksinasi remaja pun harus dilakukan Kabupaten/Kota dari mulai tingkat SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi yang ada di wilayahnya.[Adv-Diskominfo SP 05]


Share this article

Related posts