Kapolri Sebut 41.000 Orang Akan Masuk Melalui PeLabuhan Merak

Share this article

LEONEwS.CO.ID – Diperkirakan 41.000 orang akan memasuki Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak Banten, pada arus balik malam ini. Demikian disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat melakukan peninjauan Metal Banten, Sabtu 7 April 2022. 

Sigit.menyebutkan, jika melihat grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang.

Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Dan kemungkinan malam hari ini bisa naik 41.000.

Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pihaknya sudah mendengar dan melihat bagaimana skema persiapan yang dilakukan rekan-rekan yang melakukan pengamanan di pelabuhan untuk menghadapi puncak arus balik.

Mulai dari mengatur rest-rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga di Bakauheni yaitu dermaga Panjang.

Selain Pelabuhan Merak, mantan Kapolda ; Banten ini melakukan peninjauan rekayasa lalu lintas skema one way, di Tol Cikampek Utama. “Baru saja kita melaksanakan peninjauan dan melakukan rapat untuk mengetahui perkembangan terkait arus balik khususnya pantauan dari KM 70 di Tol Cikatama,” katanya.

Berdasarkan tinjauan, kemungkinan akan dilakukan perpanjangan waktu one way. Nanti secara detail dan teknis akan disampaikan Kakorlantas.

“Karena memang dari angka-angka yang ada one way harus kita tambahkan waktunya. Kemudian khusus untuk one way sampai di KM 28 ataukah Sampai di KM 3.500 Halim tentunya akan kita lihat, kita sesuaikan dengan kondisi dilapangan,” tuturnya.

Meski begitu, katanya, perpanjangan ruas tetap melihat dinamika arus lalu lintas yang berkembang dilapangan.

“Perkembangannya tentu akan disesuaikan dengan tingkat kepadatan arus balik yang akan kita hadapi malam hari ini dan besok. Jadi beberapa hal yang tentunya menjadi perhatian rekan-rekan Kepolisian dan Jasa Marga untuk memantau kemudian melakukan langkah-langkah koordinasi di lapangan untuk mengevaluasi dan sekaligus penyesuaian perpanjangan waktu one way,” katanya.

Sigit pun mengimbau kepada masyarakat untuk terus mengupdate informasi terkini soal kebijakan strategi rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh kepolisian untuk mencegah kepadatan serta mengurai kemacetan.

E diitor : Wisnu Bangun


Share this article

Related posts

Kritik Biaya Kuliah Mahal, Mahasiswa Dilaporkan Rektor ke Polisi

Nama Kapolda Jateng Masuk Nominasi Pilihan Partai Golkar, Untuk Dicalonkan Sebagai Gubernur

KPK Tambah Tersangka Baru Dalam Kasus Mantan Gubernur Maluku Utara