leonews.co.id
Kabar 34 Provinsi

Pemprov Papua Sedang Berbenah, Jelang PON XX-2020

BUMI CENDRAWASIH (leonews.co.id) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, yang dipersiapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang,  sedang  giat berbenah. Terutama dalam penyediaan listrik.

Ketua Kelompok Kerja ESDM Komite Ekonomi dan Industri Nasional (Pokja KEIN) RI, Aries Muftie, saat bertemu Asisten Sekda Papua Noak Kapisa bersama PT. PLN Wilayah Papua dan Papua Barat,  mengatakan, tentang penyediaan listrik saat penyelenggaraan acara sudah tidak masalah. “Dalam rapat bersama Pemprov Papua dan pihak PLN setempat, telah disampaikan kebutuhan listrik untuk PON sudah tidak ada masalah dan tersedia. Begitupun untuk kebutuhan masyarakat sebagai konsumen” kata Aries usai melakukan rapat seperti dikutip dari https://www.papua.go.id

Dia mengatakan, suksesnya pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang di Bumi Cendrawasih itu, ditentukan kesiapan berbagai sektor. Tak hanya dari sisi pembangunan infraskturnya, namun menyangkut ketersediaan listrik dipandang sangat vital.

Kendati demikian, katanya, Pemprov Papua memandang perlu diadakan infrasktur energi yang memadai bagi para investor. Lebih khusus bagi pihak-pihak yang ingin membuka industri di Papua.

“Sehingga hal ini tentunya akan kami bahas kembali, termasuk kaitannya dengan bagaimana PT. Freeport menggunakan listriknya dan barangkali investai lain baik di Merauke, Sorong maupun daerah lainnya di Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad menilai pembangunan sarana pendukung pelaksanan PON bakal dikebut pada tahun ini. Sebab bila dilaksanakan pembangunannya tak bakal tercapai.

“Makanya kita berharap semua pihak bisa mendukung program ini. Sebab selain infrastruktur, kita juga perlu mendorong dari sisi sarana pendukung lainnya. Seperti ketersediaan air, konsumsi, listrik dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dikutip dari : https://www.papua.go.id

 

 

Related posts