leonews.co.id
Nusantara

Kabupaten Serang HUT Ke 495, Wagub Banten Ajak Bangkit Bersama dari Dampak Pandemi Covid-19

Share this article

BANTEN (leonews.co.id) – DPRD Kabupaten Serang menggelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 495 Kabupaten Serang di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Jumat (8/10).Wakil Gubernur Andika Hazrumy yang menghadiri acara tersebut meminta semua pihak di Kabupaten Serang bersama Pemprov Banten bekerja sama kaitan pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir ini.

“Mari kita kerja bersama, bahu membahu saling bergotong royong, bangkit bersama
mewujudkan pembangunan Kabupaten Serang yang maju, mandiri dan berdaya saing,” kata Andika membacakan sambutan Gubernur Banten Wahidin Halim dalam acara yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum tersebut. Hadir pada acara tersebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Andika, nilai-nilai gotong royong harus senantiasa diimplementasikan. Gerakan swadaya masyarakat bersama-sama
pemerintah daerah, perguruan tinggi, pelaku industri, TNI, Polri, media massa dan civil society diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemulihan kondisi dampak pandemi Covid-19.

Andika melanjutkan,diperlukan stimulus ekonomi khususnya bagi pelaku UMKM termasuk juga bantuan adaptasi teknologi informasi bagi pelaku UMKM yang
mendorong pelaku UMKM untuk melakukan transformasi ke ekonomi digital. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, kata Andika, Pemprov Banten sendiri tengah fokus pada penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan program perlindungan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Pada penanganan kesehatan, alhamdulillah terjadi penurunan angka kasus konfirmasi Covid-19 dan penurunan angka BOR serta seluruh wilayah kabupaten/ kota se-Provinsi Banten telah keluar dari zona risiko tinggi,” imbuhnya.

Pada program perlindungan sosial, lanjut Andika, pada tahun 2021 Pemprov Banten telah memberikan Bantuan Sosial Non Tunai Jamsosratu kepada 11.466 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Serang.

Kata Andika, Pemprov Banten memberikan apresiasi kepada Pemkab Serang yang telah memberikan bantuan operasional sepeda motor kepada 67 orang pendamping dan 2 operator Jamsosratu. Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan Bupati Serang terhadap program Jamsosratu, serta komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terutama pengentasan kemiskinan.

“Melalui sinergitas program perlindungan sosial diharapkan berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan di Provinsi Banten, khususnya peningkatan angka kemiskinan dampak pandemi Covid-19,” katanya.

Untuk itu, Andika melanjutkan, Pemprov Banten mengajak kepada semua pihak di Kabupaten Serang untuk bersama-sama membangun sikap optimisme bahwa kondisi dampak pandemi Covid-19 akan berangsur-angsur membaik.

Sejalan dengan telah dilakukan vaksinasi, kata Andika, penurunan angka kasus konfirmasi serta seluruh wilayah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Banten telah keluar dari zona risiko tinggi penyebaran Covid-19. Meski begitu, lanjutnya, menerapkan disiplin dan mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, harus tetap dilakukan.

Sementara itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya mengatakan, perayaan HUT ke 495 Kabupaten Serang tahun ini masih dilakukan dalam suasana Covid-19. Namun demikian pihaknya bersyukur sebab kasus Covid-19 di Kabupaten Serang semakin berkurang. “Oleh karenanya di HUT ini, mari kita evaluasi apa yang telah dilakukan untuk penanganan Covid 2021,” ujarnya.

Tatu juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Serang untuk jangan menyerah di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai ini. “Masyarakat Kabupaten Serang yang Ibu cintai. Saat ini, kita semua masih mengalami tekanan pandemi Covid-19. Tekanan yang luar biasa terhadap semua sendi kehidupan masyarakat, serta menekan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat hingga daerah,” katanya. (Biro Adpim Setda Prov Banten)


Share this article

Related posts