leonews.co.id
Kabar 34 Provinsi

Tim Gabungan Bersihkan Irigasi Sipon Cipondoh

Petugas gabungan Pemkot Tangerang, melakukan bersih-bersih Sungai Sipon di Kecamatan Cipondoh. (foto Istimewa detik.com)

KOTA TANGERANG (leonews.co.id) – Petugas Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Perencanaan dan Tata Ruang Kota (SDA DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Satgas dari Kecamatan Cipondoh, melakukan bersih-bersih Sungai Irigasi Sipon, Kota Tangerang, Sabtu (9/1/2021) pekan lalu. Tim gabungan itu, melakukan kegiatan sejak pukul delapan pagi hingga menjelang siang.

Kegiata seperti ini, hampir rutin dilakukan oleh pemerintah setempat untuk mencegah banjir kala musim penghujan.
Diharapkan potret yang dilakukan oleh petugas gabungan itu, menjadi kesadaran masyarakat tentang bersih lingkuangan.

Seluruh anggota tim gabungan saling bahu-bahu membahu mengangkut sampah lumpur dari dasar sungai ke atas. Sementara yang lainnya ada yang menebang ranting pohon-pohon yang menjorok ke sungai, agar tak menggangu aliran.
Petugas gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membersihkan sampah di Sungai Irigasi Sipon, Kota Tangerang (Taufieq/detikcom

Dinas SDA DPUPR mengerahkan 27 personil dan tiga armada truk sampah. Sementara pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengerahkan 20 personil dan 15 kendaraan bermotor pengangkut sampah.

Kordinator Lapangan Timur Operasi dan Pemeliharaan (OP) SDA DPUPR, Basri mengungkapkan, bahwa persoalan sampah di Pasar Sipon tidak akan ada habisnya kepada detik.com. Penyebab pendangkalan sungai dan tumpukan sampah karena banyaknya masyarakat yang menebang pohon dan membuangnya ke aliran sungai.

Selain itu ada sejumlah kaki jembatan bambu dibuat masyarakat yang ditancapkan di tengah sungai. “Sampai kapan pun nggak bakalan selesai masalah sampah, karena ulah pasar tradisional. Tolong lah saya sebagai orang bawahan OP SDA ini rutin seminggu sekali saya kerjain, ini nyangkutnya sampah karena ada penebangan pohon yang nggak diangkat sama penebang, kesatu. Kedua jembatan yang bambu ini kakinya jangan di tengah saluran lah, harusnya pinggir sama pinggir jadinya enak,” kata Basri kepada dilansir detikcom. (Nasri/***)

Related posts