leonews.co.id
Berita Pilihan Kabar 34 Provinsi Parlementaria UMKM

Presiden Jokowi : Sektor Pertanian Harus Dilakukan Pembangunan Bersekala Besar

JAKARTA (leonews.co.id) – Sektor Pertanian menepati posisi sentral. Presiden Jokowi food estate harus di selesaikan.

Presiden Jokowi menjelaskan, dengan penduduk lebih dari 270 juta jiwa, pengelolaan pertanian di negara harus dijalankan dengan baik dan serius. “Caranya? Ya peningkatan skala ekonomi dan teknologi harus segera ditempuh agar biaya produksi menjadi lebih murah sehingga harga jadi lebih kompetitif,” jelasnya pada Rakernas pembangunan pertanian tahun 2021 di Istana Negara (11/1/2021).

Katanya, saya juga menginginkan bahwa pembangunan pertanian tak bisa hanya dilakukan dengan cara-cara konvensional seperti tahun sebelumnya. Dibutuhkan negara ialah sebuah kawasan pertanian bersekala ekonomi besar.

Menurutnya, lumbung pangan baru salah satu yang dibutuhkan Negara. “Itulah kenapa saya mendorong agar food estate harus di selesaikan,” tegasnya.

Tahun ini food estate paling tidak di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah harus diselesai. Pembangunan lumbung di harapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal dan menekan impor komoditas pangan.

Ungkapnya, saat ini harga tidak kompetitif antara komoditas pangan lokal dengan impor, membuat petani berhenti menanam komoditas tersebut. “Kalau harga tidak kompetitif akan sulit untuk bersaing, sekali lagi harus dibangun lahan yang luas untuk kedelai, jangan hanya 1-2 hektar tapi 100 – 1 juta hektar,” ujarnya.

Menambahkan, evaluasi di sektor pertanian, salah satunya subsidi pupuk yang dinilai belum mampu berkontribusi signifikan. “Kalau setiap tahun kita mengeluarkan subsidi pupuk, kemudian tidak ada lompatan di sisi produksi, maka ada yang salah,” katanya. (Humas/Addin)

Related posts