leonews.co.id
Berita Pilihan Kabar 34 Provinsi Parlementaria

Wagub Banten Apresiasi Kepada OPD Yang Merealisasikan Anggaran APBD Tahun 2020

SERANG (leonews.co.id) – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memberikan apresiasi kepada OPD yang telah merealisasikan anggaran kegiatan APBD TA 2020 dengan serapan anggaran yang tinggi. Walaupun dalam kondisi pandemi serta beberapa kali harus dilakukan refokusing anggaran di tahun 2020 ini tetapi seluruh OPD tetap dapat bekerja dengan baik.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memimpin Rapat Evaluasi Pimpinan Pelaksanaan APBD Provinsi Banten Tahun Anggaran 2020 serta Persiapan Pelaksanaan APBD Provinsi Banten Tahun Anggaran 2021 didampingi oleh Sekretaris Daerah Prov Banten Al Mukhtabar bertempat di Pendopo Gubernur Banten KP3B Curug Kota Serang. Senin (04/01/2021).

Dalam kesempatan tersebut wakil Gubernur juga mengajak kepada para Kepala OPD agar menyusun langkah-langkah antisipatif untuk optimalisasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam APBD Tahun Anggaran 2021.

Realisasi pendapatan APBD Provinsi Banten tahun Anggaran 2020 mencapai 97,65 % atau sebesar Rp 10,2 triliun. Sedangkan realisasi belanja dalam APBD Provinsi Banten tahun Anggaran 2020 mencapai 91,30 % atau sebesar Rp 9,7 triliun. Secara umum beberapa kegiatan di OPD tidak dapat dilaksanakan karena penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Provinsi Banten sehingga kegiatan-kegiatan rapat koordinasi, sosialisasi, seminar dan atau perlombaan yang menyebabkan kerumunan massa tidak dapat dilaksanakan serta beberapa dilaksanakan secara virtual.

Sementara untuk persiapan APBD Tahun Anggaran 2021 telah dilaksanakan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Tahun Anggaran 2021 yang seluruhnya telah diinput dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa (SIRUP) dengan total nilai pekerjaan hingga sebesar RP. 9.904.883.295,-

Terkait program penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Prov Banten. Wakil Gubernur meminta Dinas Kesehatan agar segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait sasaran, alokasi kuota vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Banten.
“Saya akan melakukan monitoring fasilitas penyimpanan vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Provinsi Banten “ tegas Andika.

Wakil Gubernur Banten juga mengajak seluruh kepala OPD untuk berdoa bersama agar di tengah pandemi COVID-19 saat ini, masyarakat Banten senantiasa diberikan kesehatan dan pandemi COVID-19 segera berlalu. (Addin)

Related posts