leonews.co.id
artikel untuk leo Kabar 34 Provinsi

Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2020, Kanwil BPN Banten dan Kantor Pertanahan se-Banten Mengikuti Upacara Secara Virtual

SERANG (leonews.co.id) – Pada tanggal 24 September, menjadi hari paling bersejarah bagi jajaran Kementerian ATR/BPN di seluruh Indonesia. Hari itu, merupakan hari lahirnya Undang-Undang No. 5 Tahun 1960, tentang peraturan dasar pokok-pokok Agraria (UUPA).

Undang-undang yang lahir 60 tahun lalu itu, merupakan penjabaran dari Pasal 33 ayat (2) UUD 1945 yang tediri dari 70 pasal. Semuanya terdiri dari 4 bab dan 5 bagian merupakan unifikasi hukum agraria yang merubah struktur warisan stelsel feodal dan kolonial menjadi suatu masyarakat adil dan sejahtera.

Tanggal 24 September merupakan hari istimewa untuk insan Kementerian ATR/BPN se-Indonesia. Perayaan dilakukan secara serentak yang biasanya diisi dengan acara ramah tamah, serta kegiatan berbagai lomba.

Namun pada tahun ini, karena masih dalam suasana keprihatinan pandemi Covid-19 penyelenggaraan Peringatan HANTARU dilakukan lebih sederhana. Upacara Pembukaan UUPA dilakukan secara virtual dan disiarkan langsung dari Aula Prona Lantai 7 Kementerian ATR/BPN.

Seperti halnya Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan lainnya, Pejabat Struktural pada Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan 7 (tujuh) Kantor Pertanahan se-Provinsi Banten, yakni Kantor Pertanahan Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon dan Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan mengikuti upacara peringatan secara virtual dari kantornya masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal ini, seiring dengan visi presiden yaitu Pemerintahan yang Digital Melayani (Dilan). Tahun 2020 ini HANTARU mengusung tema “Transformasi Digital Tata Ruang dan Pertanahan menuju #Digital Melayani Yang Prprofesional Dan Terpercaya.

Untuk memeriahkan Peringatan HANTARU Tahun 2020 Panitia HANTARU Kementerian ATR/BPN menyelenggarakan webinar, podcast, penghargaan kepada insan ATR/BPN, pameran virtual, virtual race sepeda, virtual race lari.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, dalam sambutan virtualnya mengingatkan, di tengah pandemi covid ini agar tetap memberikan pelayanan, namun tetap mematuhi standar kesehatan. “Jangan lupakan protokol kesehatan, dengan aman. Aman bagi kita yang melayani dan aman untuk masyarakat yang kita layani” tegasnya.

Masih dalam sambutannya Menteri ATR/Kepala BPN pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan ATR/BPN atas capaian yang luar biasa di kegiatan PTSL. Peningkatan kualitas data, pengadaan tanah bagi kepentingan umum, Reforma Agraria dan penanganan sengketa, konflik perkara pertanahan. (Nasri-Dina Kristiana-Advertorial)

Sumber : Ida, Humas Kanwil BPN Banten

Related posts