leonews.co.id
Info TNI/Polri

Kombes Pol Edy Sumardi : Jadilah Orang Yang Melayani

Share this article

SERANG (leonews.co.id) – Sehari  sebelum menempati tugasnya yang baru, Kepala Bidang Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi  Priadinata, berkesempatan mengunjungi kantor Redaksi Bangun Media Grup di Lipatik,  Walantaka,  Kota Serang,  Rabu 4 Agustus 2021. Setidaknya ada tujuh orang anggota lain dari Polda Banten, yang ikut mendampingi kunjungannya saat itu. 

Kedatangan rombongan Humas Polda Banten , disambut oleh Lesman Bagun,  CEO Bangun Media Grup, ditemani Pemimpin Redaksi Gerbang Banten, Wisnu Bangun,  Yudian Pemimpin Redaksi mediasiber.co.id, Mardianto Pemimpin Redaksi Tabloid Persepsi serta sejumlah staf.

Menurut Edy, kunjungan tersebut merupakan ujud dari sinergisitas pihak kepolisian dengan seluruh pengelola media di Banten. Selain Bangun Media Grup,  sebelumnya tim humas Polda Banten juga sudah melakukan kunjungan ke sejumlah kantor redaksi  media lain.

“Saya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Bangun Media Grup, yang telah berperan aktif memberitakan berbagai hal yang menyangkut kepolisian. Terutama tentang Polda Banten,” katanya.

Dia menyebutkan peranan media sangat berpengaruh bagi kepentingan tugas-tugas kepolisian. Banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh masyarakat yang akhirnya dapat diketahui oleh halayak setelah di beritakan oleh media.

Bidang Humas Polda Banten katanya,  sebagai corong kebijakan pimpinan  harus pandai-pandai menjalin kerjasama yang baik dengan setiap media. “Hal ini, sangat penting. Karena tanpa media, tidak mungkin informasi yang menjadi kebijakan pimpinan cepat sampai ke masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian kata Edy, menjalin kerjasama dengan media juga tidak semudah membalik telapak tangan. Demikian juga dalam menjaga dan mempererat hubungan yang sudah terjalin.

Karena pekerjaan kehumasan selalu berhububungan dengan wartawan dari berbagai media massa. Maka dibutuhkan mental melayani dan bukan dilayani serta selalu siap dihubungi oleh wartawan setiap waktu.

Tidak hanya itu, tutur Edy, hal yang lebih penting lagi adalah penguasaan data, agar  keterangan yang disampaikan valid. “Karena bila yang disampaikan oleh humas tidak Valid, selanjutnya sudah terlanjur tersebar melalui media massa – sangat beresiko,” kata mantan Kapolres Pekan Baru ini.

Terhitung Kamis 5 Agustus 2021, Kapolda Banten Irjen. Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho,  mempercayai Kombes Pol, Edy Sumardy sebagai Dirpamobvit Polda Banten. Sedangkan Kabid Humas Polda Banten digantikan oleh AKBP Shinto Bina Gunawan Silitonga,  yang sebelumnya menjabat  Kasubag opsnal Dittpidum Bareskrim Polri.

Selain mendapat promosi jabatan di tempat yang baru mantan Kapolres Pekanbaru ini,  sebelumnya  juga  menerima piagam penghargaan dari Kepala Divisi Humas  Polri. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono di Bali, .Jumat (04/06/2021) lalu.

Edy menjelaskan promosi jabatan yang baru dan penghargaan yang diberikan pimpinan tersebut, merupakan  buah dari kerja kerasnya.   “Saya menyampaikan terimakasih, karena berhasil melaksanakan fungsi kehumasan secara baik dan hati-hati serta tanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, CEO Bangun Media Grup Lesman Bangun, menyampaikan terimakasih atas kunjungan mantan Kabid Humas Polda Banten dan rombongan tersebut. “Kami benar-benar merasa terhormat atas kunjungan ini, semoga jalinan kerjasama tidak hanya sebatas pemberitaan. Saya berharap, bisa  ditingkatkan dalam bentuk yang lebih luas,” tutur Lesman.

Lesman menjelaskan, Bangun Media Grup merupakan  perusahaan media cetak dan online. “ Untuk yang di media cetak masing-masing  Haluan Banten, Gerbang Banten dan Persepsi. Sedangkan media online terdiri dari beritasiber.co.id, suarasiber.co.id dan siberone.co.id,” katanya.

Dia menjelaskan, Bangun Media Grup berdiri empat tahun lalu. “Dalam melayani masyarakat pembaca, kami  sempat berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnya hingga empat kali pindah (mengontrak-Red).  Allhamdulillah sampai akhirnya memiliki kantor sendiri di sini,” tuturnya.

Lesman mengaku  masih banyak yang perlu diperbaiki dan membutuhkan bantuan serta dukungan  dari berbagai pihak. “Doakan dan bantu kami agar dapat bekerja dan melayani secara baik,” katanya.  (Wisnu Bangun)


Share this article

Related posts