leonews.co.id
Berita Pilihan

Pemkab Lebak Meyelegarakan Seminar Kesehatan Dan FKLS

Lebak, ( leonews.co.id ) – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Kesehatan Lebak menyelenggarakan seminar dalam rangka penggalangan komitmen bersama Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan dan Pelantikan Forum Kabupaten Lebak Sehat (FKLS) di Hall Latansa Mashiro Rangkabitung.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan H. Triyatno Supiyono, S.IP  menyampaikan bahwa pada tahun 2018 desa yang sudah mendeklarasikan bebas dari buang air besar sembarangan yakni berjumlah 33 desa, dan pada tahun 2019 ini meningkat menjadi 72 desa. Maka pada hari ini digelarnya seminar kesehatan yakni dalam rangka penggalangan komitmen desa – desa untuk menuju desa ODF serta mengetahui bahayanya pencemaran lingkungan yang diakibatkan buang air besar sembarangan.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, S.E., M.M dalam sambutanya mengatakan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada para kepala desa yang sudah membantu dalam hal menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Tentunya pencapaian pada tahun ini meningkat sekitar 100% lebih jumlah desa yang terbebas dari buang air besar sembarangan.

“tentunya ini menjadi tugas kita bersama dalam menjaga kondisi lingkungan, dengan tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan baik di kebun maupun di kali, karena ini juga menjadikan kualitas air sungai yang tetap bersih dan dapat dipakai dalam kehidupan sehari – hari.” Ungkap Bupati.

Selain itu bupati juga berharap para kepala desa terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan, serta para kepala desa tidak lagi membuat MCK Komunal yang dirasa tidak efisien dalam penggunaan dan perawatannya, dan bupati memerintahkan kepada seluruh desa agar memberikan bantuan kepada masyarakat dalam membuat MCK rumah tangga. Sehingga ini dapat meminimalisir pembuangan air besar sembarangan di sungai.(Nasri)

Related posts