leonews.co.id
Berita Pilihan

Banten Buka Ribuan CPNS dan PPPK Tahun 2021.

Share this article

Guru Mendapat Kuota Lebih Banyak Ketimbang Tenaga Lainnya

SERANG (leonews.co.id) – Pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten /Kota membuka formasi puluan ribu bagi Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) dan Pegawai Pepemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jadwal seleksi akan dilakukan pada akhir Mey mendatang.

Penyelenggara seleksi akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di masing-masing daerah, dengan mendapat infrastruktur sistem seleksi yang auditnya dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dari ribuan calon tersebut, tenaga pengajar (guru-Red) mendapatkan porsi yang paling banyak ketimbang tenaga lainnya. Khusus untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Menpan RB menetapkan sebanyak 926 formasi yang terdiri dari 30 CPNS ditambah 896 PPPK.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten, Komarudin mengatakan, berdasarkan keputusan tersebut, kuota CPNS 30 orang akan ditempatkan di semua OPD di Pemprov Banten. “Sedangkan formasi PPPK sebanyak 896 akan di tempatkan sebagai guru SMA dan SMK di seluruh daera di Provinsi Banten,” kata Komarudin, dihubungi Rabu (19/05).

Komarudin mengaku bersyukur, karena pengajuan untuk kebutuhan 30 CPNS disetujui oleh Menpan RB. Sementara untuk pengajuan PPPK dari formasi 1.300 yang diajukan, hanya 896 saja yang dipenuhi.
Berbeda dengan wilayah Kabupaten Pandeglang, formasi CPNS dan PPPK jumlahnya mencapai 5.623 orang. Dari 5.623 jumlah tersebut, 504 lainnya merupakan formasi CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Pandeglang H. Ali Fahmi Sumanta mengatakan, formasi yang paling banyak adalah formasi PPPK guru sebanyak 5.027 dan 70 orang PPPK teknis.

Ali mengatakan untuk formasi 504 calon pengawai negeri sipil yang dibutuhkan dari berbagai lini baik dari ekonomi, kesehatan, hukum, dan sebagainya. “Tapi yang paling banyak itu yang mendominasi bidang kesehatan, baik perawat, dokter, dokter spesialis, pokoknya yang berkaitan dengan kesehatan,” ujarnya dihubungi Rabu sore (19/05).

Menurut Ali, untuk tahun ini, penerimaan formasi guru sangatlah besar. “Kami membuka formasi PPPK guru sebanyak 5.027 orang.” Ribuan guru tersebut rencananya akan ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang.

Jumlah formasi penerimaan CPNS dan PPPK yang cukup besar juga akan dibuka Pemerintah Kabupaten Serang. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mohamad Ishak Abdul Rouf mengatakan jumlah kuota CPNS dan PPPK alokasi tahun 2021 sebanyak 3.486 orang.

Rinciannya, CPNS sebanyak 150 orang dan CPPPK sebanyak 3.336 orang. “Untuk kuota CPNS itu 150 orang, sedangkan guru PPPK sekitar 3.336,” ujar Ishak.
Dia menyebutkan, jumlah formasi yang telah ditetapkan oleh Menpan RB tidak semuanya disetujui. Namun, ia bersyukur formasi guru yang diajukan masih disetujui dalam jumlah besar.

“Yang diajukan tidak terlalu jauh, kayak guru dengan pengajuan 4.000 tapi yang disetujui 3.336,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Heri Mardiana, mengatakan, dari usulan 950 yang diusulkan, ternyata hanya disetujui 550 saja. “Kita mengajukan 950 formasi, tapi ya mau bagaimana, itu kan sudah kewenangan pusat. Kita hanya disetujui 550, yang nantinya kan dibagi-bagi,” katanya.

Dari formasi CPNS sebanyak 69 orang tersebut, kata Heri, 35 di antaranya untuk formasi tenaga medis, sedangkan 34 lainnya untuk tenaga non medis. Sementara untuk formasi PPPK, terdiri dari 464 formasi guru dan 17 lainnya untuk teknis.

“Dari kuota 17 teknis itu terdiri dari 13 untuk tenaga medis dan 4 untuk teknis umum,” ujarnya. (Henny/Red 01)


Share this article

Related posts