leonews.co.id
artikel untuk leo

Dishub Kota Tangerang Tambah BRT Tayo Koridor Tiga 

KOTA TANGERANG, (leonews.co.id) – Pemerintah Kota Tangerang tambah trayek Bus Rapid Trans (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) koridor 3, tujuan Ciledug-Tangcity. Penambahan dilakukan setelah berjalannya Koridor 1 dan Koridor 2.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengatakan, Untuk saat ini, Dishub mengoperasikan enam unit Bus Tayo, yang siap melayani masyarakat setiap harinya. “Saya berharap, penambahan ini mendapat apreseasi baik dari masyarakat,” kata Wahyudi di ruang kerjanya Rabu (22/01/2020).

 

Menurut Yudi, bus Tayo memiliki fasilitas AC, full music dan CCTV. Dengan rencana tarif Rp2.000 per orang. Jenis pembayaran bisa bertransaksi tanpa harus menggunakan uang tunai (cashless), yaitu melalui Ovo, Gopay, Dana, Link Aja dan lainnya. “Pembayaran masih bisa tunai, sambil sosialisasi ke masyarakat untuk non tunai,” jelasnya.

 

Operasional Bus Tayo ini, beroperasi sejak pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap harinya dan melewati 20 halte, diantaranya, Tangcity Mal, Babakan, Sukasari, Rumah Sakit EMC, Cipondoh dan Ciledug. Berkapasitas 25 hingga 40 penumpang.

 

 

Bus Tayo Kota Tangerang ini, memiliki interval kedatangan 15 menit sekali. Koridor 3, Ciledug – Tangcity berjarak 13 kilometer dengan waktu tempuh 45 menit. “Untuk trayek ini, kami punya tiga titik kepadatan jalan. Di Ciledug Indah, CBD Ciledug dan Banjar Wijaya. Selebihnya, jalur lancar dan nyaman untuk semua penumpang,” lanjutnya.

 

Diketahui, BRT Kota Tangerang sudah memiliki tiga koridor. Diantaranya, koridor satu tujuan Poris – Jatiuwung, koridor dua, Poris – Cibodas dan terbaru koridor tiga tujuan Ciledug – Tangcity. Dishub menargetkan, di 2020 akan memiliki BRT dengan enam koridor dan 60 unit bus dengan 10 bus di masing-masing koridor.

 

Sistem transportasi BRT di Kota Tangerang, mulai beroperasi pada tanggal 1 Desember 2016. Layanan BRT ini diciptakan untuk mengurangi kemacetan dan menyediakan kendaraan massal yang nyaman, aman, bersih dan cepat. “Sedangkan untuk koridor 3, baru beroperasi pada Desember 2019 lalu.” jelas Yudi.

 

Salah satu calon penumpang BRT Kota Tangerang mengatakan, dengan adanya BRT tersebut, ia merasakan kemudahan dan kenyamanan dengan adanya BRT Koridor 3. “Menjangkau pusat kota dan sejumlah Taman Kota kini lebih mudah dan murah. Selain itu, busnya keren, dingin dan nyaman,” kata Della calon penumpang dari Ciledug yang akan ke Taman Gajah.

 

Della berharap, unit BRT terus diperbanyak serta trayek pun diperluas. Sehingga, kemudahan dan kenyamanan BRT bisa dirasakan seluruh masyarakat Kota Tangerang secara merata. “Kalo banyak kan enak. Jadi kami kemana-mana cukup pake BRT aja murah,” jelasnya. (ADV)

Related posts